Langsung ke konten utama

Hidup Adalah Pilihan

Menjadi dewasa adalah pilihan bukan tentang umur, dan kenyataanya memang umur akan selalu berkurang apabila benar-benar sudah di jatah dari Tuhan dan umur bertambah dikarenakan waktu yang kita gunakan semakin banyak.
Dalam hidup ini saya masih mencari kebahagiaan sejati, walaupun mungkin sudah tidak ada atau mungkin tidak akan pernah ditemukan di dunia.
"Hidup anda saat ini di tentukan oleh masa lalu anda, dan hidup anda dimasa depan di tentukan oleh masa sekarang anda". 
Saya sependapat dengan kata-kata mutiara ini, ya... karena saya masih menganggap bahwa hidup adalah pilihan, hidup adalah untuk memilih keterserahan kita. 
Nyatanya kita sebagai manusia mempunyai kehendak bebas untuk melakukan apapun di dunia ini, walaupun menurut saya masih ada ikut campur kehendak Tuhan dalam mengambil suatu keputusan tertentu misalnya.
Kehendak bebas ini adalah tentang pilihan, tentunya ada pilihan yang berlawanan satu sama lain misalnya baik atau buruk, ya atau tidak, dan lain sebagainya.
Pilihan-pilihan lain mungkin lebih banyak yang contohnya dalam mengambil keputusan sebelum melakukan sesuatu atau akan melakukan sesuatu untuk menentukan masa depan.
Pilihan yang saya maksud adalah pilihan di awal bukan di akhir dari tujuan, karena kalau di akhir itu berarti tujuan atau cita cita. 
Seperti contoh : "saya bercita-cita ingin menjadi seorang pelaut" 
Mungkin saja akan tercapai atau mungkin tidak tercapai karena masih angan-angan tetapi berbeda lagi ketika saya mecari tahu tentang pelaut dan untuk mencapai itu semua harus melalui langkah-langkah yang sudah di tentukan. 
Berarti kita memilih untuk menuju cita-cita kita yang terkadang tidak kita sadari kita sedang berjalan menuju tujuan tersebut.
Bagi saya pilihan sekecil apapun mempengaruhi kehidupan yang akan datang, mungkin beberapa menit kemudian atau jam atau bahkan hari,bulan,tahun.
Semua itu mungkin saja terjadi, dari berjuta kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang kita seharusnya mau untuk belajar dari orang lain, belajar dari masa lalu.
Pembelajaran yang terbaik sebenarnya belajar dari orang lain, walaupun mungkin nasib orang berbeda-beda tetapi pada dasarnya siklus kehidupan hampir sama dalam hal tertentu.
Belajar dari masa lalu atau pengalaman sendiri merupakan hal yang baik, tetapi lebih baiknya belajar dari orang-orang yang pernah hidup terdahulu yang sudah di akui kebenarnya oleh banyak orang.
Sungguh bodohnya saya kehidupan di dunia ini sudah berubah dari generasi ke kegenerasi tetapi saya tidak mau belajar dari generasi sebelumnya.
Padahal pelajaran dari mereka adalah sesuatu yang berharga tanpa kita harus mengalami kesulitan atau kita harus mengalami kemudahan karena pelajaran masa lalu orang lain.
Sebagian dari mereka menuliskan di buku-buku mereka, atau di internet melalui media sosial blog dan video, tetapi saya tidak mau belajar dari mereka.
Seandainya kita memikirkan terlebih dahulu setiap akan memilih dari kehidupan ini, dengan di dasari pengalaman masa lalu orang lain mungkin akan lebih baik.
Yang terpenting kita tahu bahwa yang menjadi rujukan untuk kita itu adalah sesuatu yang baik dan relevan dengan dunia saat ini.
Pengalaman adalah guru terbaik, memang saya akui hal tersebut tetapi lebih baiknya lagi adalah pengalaman baik atau pengalaman buruk orang lain yang menjadi pelajaran terbaik buat kita.
Kita tidak perlu menjadi seperti para nabi untuk mempelajari ajaranya, kita tidak perlu sengsara tidak bisa menghitung karena kita belajar dari guru yang sudah mempunyai pengalaman dari gurunya terdahulu, kita bisa belajar tentang pekerjaan di kantor atau di lapangan dari pekerja terdahulu. 
Semua itu karena pengalaman orang lain, tentunya kita harus cerdas dalam mencermati pengalaman orang lain juga.
Pilihan dalam melakukan masa depan di hidup ini dipengaruhi oleh pengalaman diri sendiri dan belajar dari pengalaman orang lain. 
Terlepas dari semua itu pilihan yang terkadang fatal adalah pilihan yang dari emosi kita, keinginan kita tanpa didasari pemikiran terlebih dahulu, tanpa alasan yang jelas dan tanpa tujuan yang jelas.
Sebagai contoh memilih untuk berbuat kejahatan sehingga merugikan orang lain  atau memilih untuk tidak makan selama dua hari atau memilih untuk mencintai seseorang yang tidak menyukai kita.
Bagi saya diatas adalah contoh pilihan yang tanpa dasar, atau berdasarkan nafsu keinginan yang mengabaikan bahaya,mengabaikan apapun yang penting tujuan tercapai.
Bahkan saya sendiri mengalami dan menurut saya semua orang juga mengalami di keseharianya memilih dengan tanpa tujuan dan tanpa alasan yang jelas.
Bisa jadi karena ketidaktahuan kita atau bisa jadi karena hanya sebatas keinginan tanpa dasar dan analisa.
Tetapi semua kembali ke prinsip hidup masing-masing seseorang, walaupun mungkin kita berbeda pendapat tentunya kita harus saling menghargai setiap pendapat orang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu One Ost RF Online 2010

Tidak tau kenapa saya suka dengan lagu dengan judul one yang merupakan lagu dari ost game RF Online. Sebelumnya saya mengetahui lagu ini dari teman saya waktu itu sekitar tahun 2011 yang mana dia adalah pecinta game RF Online. Seluk beluk dari game RF online saja saya kurang begitu mendalami, karena saya kurang begitu suka dengan game pada waktu itu. Saya lebih fokus belajar tentang blogging daripada bermain game online atau semacamnya. Pertama mendengar lagu ini saya spontan suka, dari liriknya mudah dipahami menurut saya yang notabene sangat kurang dalam menguasai bahasa inggris. Dari youtube waktu itu saya pertama mendengar lagu ini yang berjudul one dengan sekaligus video clipnya yang cukup menyentuh hati. Setelah ditelusuri lagu berjudul one ost dari game RF online dinyanyikan oleh Lee So Jung seorang wanita cantik yang juga merupakan artis korea. Lagu Onle Ost RF Online Game Versi video dari youtube : When, I saw you for the first time I knew you were the one.

Mungkin Nanti

Lama sekali rasanya tidak membuka blogger.com malah saya cenderung mebuka sosmed lain yang notabene manfaat tidak terlalu bagus. Bukan karena memang tidak berfmanfaat namun saya sendirilah yang belum bisa memanfaatkan dengan baik. Terutama untuk kebutuhan bisnis atau silaturahmi dengan teman, ketika hanya sekedar membuka instagram dan melihat gambar dan video dari yang mencela sampai ceramah tentu kurang produktif dan membuang buang waktu saja bagiku.  Rasanya ingin sekali terjun full time di dunia blogging tapi sayangnya untuk memulai dari awal lagi kok terassa berat.  Mungkin karena pikiran yang belum siap dan hati yang masih galau atau berbagai faktor x lainya jadi harus seperti ini. Padahal kalau di pikir lebih dalam blogging itu asik dan menghasilkan uang. Sejujurnya menyenangkan tapi tidak mudah dan harus berusaha keras untuk masuk kesitu.

50 Tahun Lagi Mungkin Aku Sudah Tiada

50 Tahun Lagi Mungkin Aku Sudah Tiada. Sebenarnya saya sendiri masih dalam kebimbangan dalam menjalani hidup ini. Walaupun semua yang ada di dunia ini adalah fakta yang nyata namun mereka bilang ini semua fana. Menjadi yang terbaik dalam sebuah kebaikan itu ternyata sulit sekali, walau sekalipun mereka bilang inilah yang terbaik. Jika hidup adalah suatu pilihan dimana kita memilih apapun dari berjuta kemungkinan yang ada, maka sangat perlu berhati-hati sekali dalam menentukan pilihan. Saya pernah mempunyai prinsip dalam menjalani hidup ini yaitu, hidup adalah pilihan maka dari itu saya tidak akan menyesal terhadap apapun pilihan saya. Jika suatu saat pilihan itu salah maka tidak akan mengulanginya. Dan ternyata pilihan yang sepele bisa berdampak besar dikemudian hari. Mungkin akan berdampak besar setelah beberapa tahun yang akan datang, atau mungkin akan lebih cepat, semua itu tergantung pada keadaan yang ada. Jika dulu saya tidak memilih itu mungkin sekarang tid