Langsung ke konten utama

Mengendalikan Pikiran

Saya tau jika setiap hari otak selalu aktif berpikir bahkan ketika sedang tidur, namun disamping itu organ tubuh yang tidak pernah istirahat sedikitpun yaitu jantung juga demikian harus aktif.
Karena jika mereka sudah tidak aktif lagi saya tidak tau pasti akan seperti apa jadinya. Sulit memang membedakan mana yang hati dan mana yang pikiran, mana yang perasaan mana yang pemikiran.
Kalau saja pikiran itu adalah hasil dari sesuatu yang logis masuk akal dan perasaan atau hati berhubungan dengan rasa yang dirasakan oleh hati seperti emosi, keinginan, dll. Berarti bisa disimpulkan bahwa nafsu berada di hati bukan di pikiran, padahal kita mau mengendalikan pikiran atau otak malahan hati kita dipenuhi dengan emosi.
Sampai saat ini saya masih bingung mana hati mana pikiran, akan tetepi saya akan mencoba mendefinisikan sesuai pemahaman saya sendiri dan dari pengalaman membaca sana sini.
Menurut saya Perasaan dan pikiran itu sama, yah sama letaknya berada di otak mereka sama-sama terletak di mesin yang sangat canggih tanpa prosesor buatan intel atau amd.
Pikiran sebenarnya tau mana yang benar dan mana yang salah sesuai dengan pengalaman atau insting asli daripada manusia.
Namun siapa yang menang dialah yang berkuasa dalam menentukan tindakan output yang akan menggerakan anggota tubuh.
Okelah daripada kita ruwet bolak balik sana sini tanpa ada penjelasan yang jelas gimana kalau saya rubah dari Mengendalikan pikiran ke Mengendalikan nafsu. Kita harus sepakat bahwa nafsu berasal dari pikiran maupun dari perasaan. Nafsu yang saya maksud adalah keinginan yang cenderung membuat suatu kerugian bagi diri sendiri, yang mana sebenarnya kita tahu kalau hal itu merugikan namun kita tetap melakukannya.

Sebagai contoh sehari-hari yaitu merokok, makan junk food, tidak konsisten terhadap diri sendiri, dan lain-lain yang pasti berhubungan dengan keinginan yang mungkin akan merugikan diri sendiri terutama kesehatan dan masa depan.
Mulai hari ini saya akan mencoba atau saya akan ber eksperiment untuk mengendalikan otak atau hati tidak peduli keduanya yang terpenting saya akan mengontrol semua itu tentunya dengan tahapan dari hal kecil terlebih dahulu.
Dan  nanti akan saya tuliskan juga apa yang terjadi dan apa hasilnya setelah saya mencoba mengendalikan mereka semua termasuk nafsu.
Saya akan mencoba merubah kebiasaan buruk hanya dengan memerintahkan otak, atau hati dengan seketika tanpa menghiraukan intervensi dari luar.
Begini saja kalau kita membatasi pikiran pikiran kita mungkin akan terasa lelah karena kita terpaksa, atau kita merasa terpenjara karena keinginan kita tidak tercapai, nah saya akan mencoba untuk tidak membatasi pikiran namun langsung merubah pikiran dengan mengandalkan rasa cuek, acuh tak acuh, tidak mau tau di tempat yang tepat sehingga kita tidak merasa dibatasi pikiranya.
Okelah semua itu harus diawali dengan niatan yang mungkin sungguh sungguh, tetapi kita juga perlu mencoba secara spontanitas tanpa beban tanpa merasa terpaksa.
Sebagai contoh saya adalah perokok aktif setiap hari saya menghabisnkan kurang lebih satu bungkus rokok dan merokok adalah kebiasaan yang sudah saya lakukan sela kurang lebih 4 tahun aktif.
Pertama kita harus berpikir terlebih dahulu secara jernih kalau merokok itu selain merugikan diri sendiri atau kesehatan juga sangat menguras isi dompet.
Oke sampai sini kita juga terlintas dipikiran tetapi kalau tidak merokok rasanya itu pusing,beban dan seperti ada yang kurang apa lagis setelah makan.
Dan kita harus menimbang kerugian dan kelebihan dari merokok, saya yakin akan sepakat timbangan akan lebih berat pada kerugian daripada merokok tersebut.
Setelah kita tahu bahwa merokok merugikan untuk diri sendiri,masa depan, orang lain dan terutama menguras uang kita maka mulai saat ini saya perintahkan kepada pikiran dan hati, ingat saya tidak peduli keduanya karena mereka sama-sama bersemayam di otak secara fungsional. Saya perintahkan sekali lagi saya stom merokok tidak peduli apapun yang terjadi, dan cuek terhadap mereka yang menggoda atau intervensi dari luar.
Tanpa merokokpun saya tidak akan mati sekarang hal ini memang seimbang dengan statement merokokpun tidak mati kenapa kita tidak merokok, namun karena saya sudah memerintahkan pikiran dan hati untuk tidak merokok jadi saya katakan "tanpa merokokpun saya tidak mati sekarang".
Jika eksperiment ini berhasil kita jadikan experience atau pengalaman untuk mengatasi semuanya, yah semua yang ada dalam pikiran dan perasaan kita. Apapun itu yang berhubungan dengan nafsu tidak produktif atau nafsu yang merugikan kita stop perlahan dengan alasan kita sendiri dengan tujuan yang lebih baik.
Setelah semuanya berhasil saya juga akan berexperiment sebaliknya, yaitu jika kita bisa mengendalikan nafsu tidak produktif berarti kita harus bisa mengendalikan nafsu yang produktif atau nafsu yang baik-baik saja. Ketentuan baik atau buruknya kita bisa melihat pada kitab suci atau kepada undang-undang yang sudah ada atau bisa juga dari kebiasaan yang benar sesuai dengan kebenaran yang diakui semua orang.
Tentunya hal positif dan produktif itu bukan berarti hal yang tidak logis, menurut saya harus masuk akal sesuai dengan perhitungan.
Saya rasa cukup sekian, jika ada yang ingin berkomentar silahkan saya tunggu makian dan pujian kalian karena itu tidak mempengaruhi tulisan ini jika tidak saya rubah sendiri setelah melihat makian anda thanks.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu One Ost RF Online 2010

Tidak tau kenapa saya suka dengan lagu dengan judul one yang merupakan lagu dari ost game RF Online. Sebelumnya saya mengetahui lagu ini dari teman saya waktu itu sekitar tahun 2011 yang mana dia adalah pecinta game RF Online. Seluk beluk dari game RF online saja saya kurang begitu mendalami, karena saya kurang begitu suka dengan game pada waktu itu. Saya lebih fokus belajar tentang blogging daripada bermain game online atau semacamnya. Pertama mendengar lagu ini saya spontan suka, dari liriknya mudah dipahami menurut saya yang notabene sangat kurang dalam menguasai bahasa inggris. Dari youtube waktu itu saya pertama mendengar lagu ini yang berjudul one dengan sekaligus video clipnya yang cukup menyentuh hati. Setelah ditelusuri lagu berjudul one ost dari game RF online dinyanyikan oleh Lee So Jung seorang wanita cantik yang juga merupakan artis korea. Lagu Onle Ost RF Online Game Versi video dari youtube : When, I saw you for the first time I knew you were the one.

Mungkin Nanti

Lama sekali rasanya tidak membuka blogger.com malah saya cenderung mebuka sosmed lain yang notabene manfaat tidak terlalu bagus. Bukan karena memang tidak berfmanfaat namun saya sendirilah yang belum bisa memanfaatkan dengan baik. Terutama untuk kebutuhan bisnis atau silaturahmi dengan teman, ketika hanya sekedar membuka instagram dan melihat gambar dan video dari yang mencela sampai ceramah tentu kurang produktif dan membuang buang waktu saja bagiku.  Rasanya ingin sekali terjun full time di dunia blogging tapi sayangnya untuk memulai dari awal lagi kok terassa berat.  Mungkin karena pikiran yang belum siap dan hati yang masih galau atau berbagai faktor x lainya jadi harus seperti ini. Padahal kalau di pikir lebih dalam blogging itu asik dan menghasilkan uang. Sejujurnya menyenangkan tapi tidak mudah dan harus berusaha keras untuk masuk kesitu.

50 Tahun Lagi Mungkin Aku Sudah Tiada

50 Tahun Lagi Mungkin Aku Sudah Tiada. Sebenarnya saya sendiri masih dalam kebimbangan dalam menjalani hidup ini. Walaupun semua yang ada di dunia ini adalah fakta yang nyata namun mereka bilang ini semua fana. Menjadi yang terbaik dalam sebuah kebaikan itu ternyata sulit sekali, walau sekalipun mereka bilang inilah yang terbaik. Jika hidup adalah suatu pilihan dimana kita memilih apapun dari berjuta kemungkinan yang ada, maka sangat perlu berhati-hati sekali dalam menentukan pilihan. Saya pernah mempunyai prinsip dalam menjalani hidup ini yaitu, hidup adalah pilihan maka dari itu saya tidak akan menyesal terhadap apapun pilihan saya. Jika suatu saat pilihan itu salah maka tidak akan mengulanginya. Dan ternyata pilihan yang sepele bisa berdampak besar dikemudian hari. Mungkin akan berdampak besar setelah beberapa tahun yang akan datang, atau mungkin akan lebih cepat, semua itu tergantung pada keadaan yang ada. Jika dulu saya tidak memilih itu mungkin sekarang tid