Langsung ke konten utama

Menyesali Masa Depan

Orang berkata bahwa kita hidup dibagi dalam tiga masa yaitu: masa lalu,sekarang dan masa depan. Bagi saya itu sangat real apa adanya, adalah fakta yang tak terbantahkan.

Faktanya sekarang kita masih hidup, karena tidak mungkin orang yang mati bisa membaca tulisan ini. Yah sekarang kita masih mempunyai waktu yang terus berjalan memakan masa depan menjadi sederet masa lalu. Satu detik yang lalu sudah menjadi masa lalu dan sekarang adalah bagian dari masa depan yang termakan waktu.

Saya percaya jika kondisi masa depan sangat dipengaruhi oleh kejadian dimasa lalu. Walaupun masih ada keajaiban apapun tetap saja ada kaitanya dengan masa lalu.



Manusia bagi saya adalah mahluk yang diberi kebebasan penuh walaupun dibatasi pikirannya sendiri. Namun batasan-batasan itu sebenarnya termasuk suatu kebebasan itu sendiri.

Artinya kita juga bebas untuk membatasi pikiran tentunya sesuai kapasitas otak manusia normal.

Kondisi masa depan dalam jangka waktu tertentu adalah akibat dari apa yang dilakukan dimasa lalu, walaupun ada suatu kondisi penyebab eksternal namun tetap saja ada hubunganya dengan masa lalu.

Pemikiran itulah yang membuat saya menyesali apa yang saya lakukan sekarang akan menjadi suatu akibat dimasa depan.

Jika kita tidak menggunakan kebebasan berpikir kita untuk membatasi pikiran yang membuat suatu akibat buruk dimasa depan bisa menjadikan malapetaka yang nyata.

Kadang kita tidak tau apa akibat yang akan terjadi dimasa depan jika kita masih memilih sesuatu yang sebenarnya salah dimasa sekarang.

Sering kali kita tidak mau tau dan tidak ingin mengetahui sama sekali, atau mengetahui tetapi membiarkan karena kebebasan pikiran kita tidak bisa mengendalikan pilihan yang salah dimasa sekarang secara konsisten.

Sebagai contoh mudah dan simpel jika kita dimasa sekarang merokok terus menerus, dengan waktu tertentu pastinya akan berakibat buruk dimasa depan.

Mungkin akibatnya akan terasa beberapa tahun mendatang atau bahkan lebih cepat. Karena pada faktanya mengirup asap dengan bercampur nikotin dan zat kimia lain yang begitu banyak dapat merusak otak secara perlahan bahkan bisa menimbulkan cancer.

Contoh lainnya yaitu dimasa sekarang kita tidak bisa mengendalikan kondisi keuangan yang menyebabkan tidak ada spend uang atau harta lainya untuk masa depan. Sehingga ketika dimasa depan membutuhkannya kita masi saja tidak punya apa-apa, tentunya itu sangat fatal.

Banyak contoh lain yang sangat erat dengan kehidupan kita dimasa sekarang, karena memang kehidupan yang sebenarnya adalah dimasa sekarang. Masa lalu adalah kenangan masa depan adalah harapan,impian,angan-angan,keinginan semua itu berada didalam imajinasi kita masing-masing.

Jika kita dimasa sekarang masih saja mempertahankan kebiasaan buruk yang dilakukan sejak masa lalu sangat berakibat fatal dimasa mendatang.


“Wasimun”








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu One Ost RF Online 2010

Tidak tau kenapa saya suka dengan lagu dengan judul one yang merupakan lagu dari ost game RF Online. Sebelumnya saya mengetahui lagu ini dari teman saya waktu itu sekitar tahun 2011 yang mana dia adalah pecinta game RF Online. Seluk beluk dari game RF online saja saya kurang begitu mendalami, karena saya kurang begitu suka dengan game pada waktu itu. Saya lebih fokus belajar tentang blogging daripada bermain game online atau semacamnya. Pertama mendengar lagu ini saya spontan suka, dari liriknya mudah dipahami menurut saya yang notabene sangat kurang dalam menguasai bahasa inggris. Dari youtube waktu itu saya pertama mendengar lagu ini yang berjudul one dengan sekaligus video clipnya yang cukup menyentuh hati. Setelah ditelusuri lagu berjudul one ost dari game RF online dinyanyikan oleh Lee So Jung seorang wanita cantik yang juga merupakan artis korea. Lagu Onle Ost RF Online Game Versi video dari youtube : When, I saw you for the first time I knew you were the one.

Mungkin Nanti

Lama sekali rasanya tidak membuka blogger.com malah saya cenderung mebuka sosmed lain yang notabene manfaat tidak terlalu bagus. Bukan karena memang tidak berfmanfaat namun saya sendirilah yang belum bisa memanfaatkan dengan baik. Terutama untuk kebutuhan bisnis atau silaturahmi dengan teman, ketika hanya sekedar membuka instagram dan melihat gambar dan video dari yang mencela sampai ceramah tentu kurang produktif dan membuang buang waktu saja bagiku.  Rasanya ingin sekali terjun full time di dunia blogging tapi sayangnya untuk memulai dari awal lagi kok terassa berat.  Mungkin karena pikiran yang belum siap dan hati yang masih galau atau berbagai faktor x lainya jadi harus seperti ini. Padahal kalau di pikir lebih dalam blogging itu asik dan menghasilkan uang. Sejujurnya menyenangkan tapi tidak mudah dan harus berusaha keras untuk masuk kesitu.

50 Tahun Lagi Mungkin Aku Sudah Tiada

50 Tahun Lagi Mungkin Aku Sudah Tiada. Sebenarnya saya sendiri masih dalam kebimbangan dalam menjalani hidup ini. Walaupun semua yang ada di dunia ini adalah fakta yang nyata namun mereka bilang ini semua fana. Menjadi yang terbaik dalam sebuah kebaikan itu ternyata sulit sekali, walau sekalipun mereka bilang inilah yang terbaik. Jika hidup adalah suatu pilihan dimana kita memilih apapun dari berjuta kemungkinan yang ada, maka sangat perlu berhati-hati sekali dalam menentukan pilihan. Saya pernah mempunyai prinsip dalam menjalani hidup ini yaitu, hidup adalah pilihan maka dari itu saya tidak akan menyesal terhadap apapun pilihan saya. Jika suatu saat pilihan itu salah maka tidak akan mengulanginya. Dan ternyata pilihan yang sepele bisa berdampak besar dikemudian hari. Mungkin akan berdampak besar setelah beberapa tahun yang akan datang, atau mungkin akan lebih cepat, semua itu tergantung pada keadaan yang ada. Jika dulu saya tidak memilih itu mungkin sekarang tid